DI BAWAH INI ADALAH PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN, ANDA DAPAT MENEMUKAN JAWABANNYA SENDIRI

Mungkin sulit untuk mengetahui apa yang sebenarnya diperlukan untuk membuat film sampai Anda membuatnya. Apakah Anda seorang pembuat film yang bercita-cita tinggi atau hanya ingin mendapatkan ide tentang cara membuat film, berikut adalah rincian yang sangat mendasar tentang bagaimana sebuah film dibuat. Anggap ini sebagai panduan pemula untuk proses pembuatan film

Setiap film yang pernah Anda tonton pertama kali dimulai dengan ide di otak seseorang. Meskipun hal-hal berubah seiring berjalannya proyek, cerita yang Anda buat di awal akan berfungsi sebagai fondasi di mana segala sesuatu yang lain akan dibangun. Mulailah berpikir tentang jenis cerita yang Anda ingin film Anda ceritakan dan semua elemen cerita penting yang terlibat: plot, karakter, konflik, dll.

Naskah Skrip adalah tempat Anda akan meletakkan cerita, pengaturan, dan dialog dalam bentuk linier. Alat penting ini akan digunakan oleh anggota tim lainnya untuk mengetahui apa yang akan terjadi dalam film. Anda juga akan menggunakan skrip Anda sendiri sebagai referensi selama proses juga karena Anda mungkin perlu menyegarkan diri pada tindakan tertentu, baris dialog, dan banyak lagi.

Storyboard adalah urutan gambar yang mewakili bidikan yang Anda rencanakan untuk difilmkan, dan dapat menjadi bagian penting dari proses pembuatan film. Kami sangat merekomendasikan proses ini karena membantu Anda memvisualisasikan setiap adegan dan memutuskan hal-hal seperti sudut kamera, ukuran bidikan, dll. Anda akan menemukan nilai sebenarnya dari storyboard Anda ketika itu membantu mengomunikasikan apa yang Anda coba lakukan kepada orang lain di lokasi syuting.

Anda mungkin perlu membuat set untuk pengaturan yang ingin Anda miliki. Tetapi untuk adegan di mana lokasi sebenarnya akan dilakukan, Anda harus melakukan pengintaian untuk menemukan tempat terbaik. Bawalah kamera bersama Anda dan lakukan perjalanan sebanyak mungkin, jepret bidikan tempat yang menurut Anda akan berfungsi sebagai pengaturan yang sempurna untuk pemandangan tertentu.

Semuanya bermuara pada ini. Untuk mempersiapkan, pastikan untuk menyiapkan naskah syuting bersama dengan jadwal yang terorganisir tentang apa yang akan difilmkan dan kapan. Beri diri Anda banyak waktu untuk memotret adegan sehingga Anda tidak pernah terburu-buru dan dapat mengakomodasi perubahan atau masalah. Biasanya adegan yang akan berlangsung satu menit di potongan akhir membutuhkan lebih dari lima jam untuk syuting.

Jika Anda berpikir syuting membutuhkan waktu, Anda salah. Pasca produksi adalah saat Anda mengedit semua rekaman untuk membuat potongan kasar film. Setelah selesai dengan potongan kasar, Anda akan mulai menambahkan hal-hal seperti efek suara, musik, efek visual, dan koreksi warna. Proses ini akan membutuhkan penggunaan perangkat lunak pengeditan – jika Anda tidak yakin, jangan ragu untuk menemukan / menyewa editor berpengalaman.

5 Poin Untuk Membuat Film dengan Smartphone :

1.Stabilization

Apakah Anda menggunakan tripod, gimbal, pemotretan genggam atau hanya meletakkan kamera Anda pada permukaan yang stabil, kestabilan bidikan kamera Anda mengatakan banyak tentang kisah yang Anda ceritakan.

2. Manual Control

Menggunakan app yang memberi Anda kontrol manual  dapat memberi Anda kontrol lebih fleksibel atas penyesuaian warna yang Anda gunakan dalam proses pengeditan

3. Great Audio

Anda dapat merekam audio dengan kamera ponsel cerdas Anda. Itu bisa bagus. Itu tidak akan bagus. Satu-satunya hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk memberi tahu audiens bahwa Anda serius dengan cerita dan film Anda adalah menangkap audio yang bagus.

4. Editing

Di sinilah cerita Anda menjadi film. Sampai saat ini Anda hanya memiliki kata-kata di atas kertas dan klip rekaman acak. Mengedit adalah tantangan karena berbagai alasan. Pertama, Anda harus belajar cara mengoperasikan editor video. Maka Anda harus mengembangkan gaya atau kemampuan untuk meniru gaya pengeditan

5. Menjadi Kreatif (Menggunakan Keterbatasan Anda) 

Penonton mungkin mengetahui batasan apa yang Anda gunakan tanpa Anda harus menjelaskan bahwa Anda tidak memiliki anggaran untuk lebih banyak lampu atau grafik yang lebih baik.
Keterbatasan Alat yang Anda gunakan tidak membuat orang menyukai film Anda. Tapi kerterlibatan audeins atas kisah menarik dalam film anda lah yang memberikan penghargaan mereka.

 

× How can I help you?